Main Hot Wheels untuk Investasi? Cek dulu disini!

Hi all! Kali ini kita bahas beberapa tips penting mengenai investasi, lebih spesifik nya Hot Wheels karena itu yang paling umum dijumpai di Indonesia. Hot wheels ini ada dimana-mana dan mudah dijumpai. Tapi biasanya beberapa jenis sangat sulit dijumpai atau bahkan sudah tidak diproduksi lagi. Biasanya untuk jenis-jenis tersebut bisa langsung menghasilkan bahkan beberapa model seperti Bugatti Veyron atau seri khusus Ferrari, kaya si Enzo Ferrari ini, bisa beratus-ratus ribu or bahkan mencapai berjuta-juta harganya sekarang. Ini nih yang bisa menjadi alasan atau justifikasi Anda untuk “investasi hot wheels”.😎 Prinsipnya: Beli murah, Jual mahal dan dapat profit.

Hot Wheels Nissan GTX ini bisa dijual dengan profit 30-50% kalo dapat di gantungan

Nah, jika ngomongnya investasi maka itu melibatkan masa depan. Apa yang kita lakukan sekarang yang masih bisa bernilai/memiliki profit di masa depan. Jangan lupa nilai atau profit disini bisa dalam bentuk materiil namun bisa juga emosional. Konsep ini basic dalam segala jenis investasi barang-barang koleksi dan sangat penting karena akan menentukan strategi kita kedepannya.

Contoh paling gampang: Jika kita investasi hot wheels karena ingin suatu hari kita menikmati hot wheels-hot wheels yang kita sudah beli bertahun-tahun, maka kita adalah seorang hobbyist. Nah, hobbyist ini berarti kita justru sebagai kostumer atau yang mengkonsumsi KEBAHAGIAAN yang diberikan hot wheels. Hehe. Ya sekali lagi itu juga namanya investasi, lebih tepatnya investasi emosi. Uang kita yang bertahun-tahun dibelikan hot wheels ditukar dengan kepuasan yang diberikan pada saat kita menikmati koleksi kita.

Pajangan di kantor bikin adem☺️

Nah, bagaimana kalo tujuan kita cari uang? Atau sebagai usaha? Mungkin teman-teman yang membaca ini lebih ke arah sini ya. Hehe. Ga ada salahnya. Dan memang hot wheels ini bisa sangat menguntungkan dalam jangka waktu panjang. Jadi sekali lagi, jika kita ingin berinvestasi tapi tidak jelas maunya seperti apa dimasa depan atau mindset “lihat saja nanti” berarti kita masih belum bijak. Makanya nih cekidot tips-tips investasi hot wheels yang menghasilkan! Gue juga lagi coba soalnya. Haha. Justifikasi ke istri.😅

1. Tahu Jenis Hot Wheels yang menguntungkan

Nah, ini juga basic. Dan susahnya, agak subyektif ke market. Di asia dan Indonesia, trend ini lebih bergeser ke arah mobil-mobil pabrikan Jepang. Honda, Toyota, Mazda, Nissan, Mitsubishi, dll. Strategi disini adalah fokus nyari harga-harga termurah untuk mobil-mobil tersebut. Karena demand nya tinggi, mobil-mobil ini biasanya sudah mahal di lapak online. Jadi sering yang paling murah adalah lapak reguler alias toko. Contoh: Nissan Skyline ini di gantungan bisa kena 29,900 tapi di online sekitar 49,900. 67% margin!

Skyline Hoki

2. Tahu nyari dimana

Nah, kalo poin pertama tadi menekankan di jenis, poin kedua mengenai lokasi. Biasanya ada di toko mainan atau toko buku. Masalahnya, tukang toko juga udah pada tahu. Jadi kalo ga bener-bener beruntung barang kaya gini nyangkut digantungan maka cukup sulit. Salah satu strategi yang cukup cape tapi dapat margin adalah Hunting, terutama kalo main ke kota-kota lebih kecil. Semakin kecil kotanya, kesempatan dapat barang bagus semakin besar. Waktu itu sempat dapat barang-barang bagus di toko mainan kecil di puncak😃. Harga biasa harga gantungan alias 29,900 tadi.

Hunting berikut adalah online. Banyak lapak yang kasih harga rendah yang bisa digunakan untuk meraup margin. Margin disini bisa 10-20% dan bisa digunakan untuk quick win strategy. Rule nya cuma jangan sampe jualan di lapak yang sama karena pasti kalah bersaing sama yang gede-gede. Artinya, beli di BL, jual di Carousel atau TP atau Bli2. Kalo sudah begini modelnya bisa dua: Beli putus, or dropship.

Beli Putus

Kalo beli putus artinya kita order sebanyak yg kita bisa, nanti kita pastikan kita yang mengirim ke pembeli. Ada bagusnya. Karena kita ada kontrol untuk servis pelanggan yang prima. Pengiriman juga bisa cepat, apalagi kalo baru mulai dan yang order masih sedikit. Intinya kalo ikut peraturan no 1 diatas pasti ada yang mau beli.

Dropship

Nah kalo dropship berarti kita kerja sama dengan suplier tadi. Pastikan dia mau diajak dropship jadi ga ada salahnya di chat dulu. Setelah itu pastikan juga servis pelanggan ok dan pengiriman cepat, packing rapi, dan sebagainya. Satu poin lagi mengenai dropship adalah memastikan adanya stok. Jangan sampe order sudah ada, kita confirm, eh barang habis. Jadi review negative malah. Jadi komunikasi dengan supplier harus lancar tuh.

3. Jual Hot Wheels Custom

Kalo ini lebih advance lagi levelnya. Beli murah, modif (jangan lupa modal dihitung), trus di jual dengan harga custom. Biasanya kalo custom ada dua cara, jual dengan card nya (pastikan tahu cara buka card tanpa merusak) atau dengan rumah-rumahan akrilik nya. Margin dari sini mungkin bisa 30-40%, artinya kalo harga HW 30,000 + ban karet 35,000 + decal 15,000 mungkin bisa laku 110-120rb tergantung model nya tadi. Ini yang suka beli mungkin lebih ke yang addict diecast alias kolektor elite. Kabar baiknya kalo custom kita semakin canggih (spoiler pake 3d printing, teknik cat yahud, detail kelas wahid) maka harganya itu bisa menyaingi harga-harga kyosho dan tarmac alias margin bisa sampai 200-300%. Ini yang dibeli soalnya sudah skill dan art!

Shelby Cobra Daytona dengan simple Custom Wheels

4. Hot Wheels Bekas

Ini ada marketnya juga. Biasanya untuk yang koleksi dan ga butuh card nya. Terutama kalo kondisi mint. Namanya juga bekas pasti harga lebih rendah dari pasaran. Tapi kalo mengikuti poin nomor satu diatas, maka bisa tetap untung. Ya, mungkin 5-10% saja. Pake judul hot wheels loose jadi mudah dicari di lapak.

Hot Wheels Forza bekas harganya mungkin 50-70k IDR

5. Merchandising

Wah yang satu ini juga menguntungkan dan peminatnya banyak. Semua cowo pasti pengen merchandise2 yang berhubungan dengan mobil, baik racing atau klasik. Ini gue juga lagi mendalami, bagaimana foto mobil kita bisa kadi merchandise keren yang laku dijual dan profit. Untuk yang satu ini butuh suplier terpecaya so siap2 google dan banyak diskusi. Kunjungi pameran-pameran dan ketemu makin banyak orang yang bisa dipercaya kualitas dan harga ok. Untuk yang satu ini sekali lagi dunianya superrr luasss. Sekreatif kita saja. Silakan di google boss. 😎😎

Masih banyak lagi cara mendapatkan untung dari jualan hot wheels ini. Semakin lama tentu semakin demanding karena memang peminat nya banyak dan dari pengamatan gue begitu toko sudah dipercaya trafficnya memang tinggi. So siap-siap beralih profesi jadi pengusaha kalo sukses. Haha. Kalo kamu bagaimana? Share tips dong jadi pengusaha hot wheels di komen!

Good luck everyone!

Leave a Reply